Hal Yang Sebaiknya Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Disaat wanita mengalami datang bulan, tentunya ada beberapa larangan atau ada suatu hal yang memang tidak boleh dilakukan. Lantas apa saja Hal Yang Sebaiknya Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi ??

Selamat datang kembali di halaman Cara Mencegah Gastritis Secara Alami yang tak lain adalah salah satu website resmi Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Kami tidak hanya memberikan informasi mengenai produk-produk kami, karena kami juga akan memberikan informasi seputar semua yang berkaitan dengan kesehatan. Nah pada kesempatan kali ini pemnbahasan kami adalah mengenai Hal Yang Sebaiknya Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi, ingin tahu apa saja? berikut informasinya.

hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan saat menstruasi

 Hal Yang Sebaiknya Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi |Menstruasi adalah siklus bulanan yang tidak bisa dihindari wanita yang masuk usia produktif. Mestruasi beserta sederatn siksaannya seperti kram, mood swing, hingga perut kembung bisa jadi sangat mengganggu wanita. Oleh sebab itu beberapa tips sehat yang wajib dilakukan wanita untuk mengurangi kram seperti minum aie hangat, makan cokelat, hingga melakukan olahraga ringan.

Selain melakukan tips sehat seperti yang disebutkan, ada pula hal yang sebaiknya dihindari ketika sedang menstruasi. Diantaranya sebagai berikut ini :
  • Menonton Film Yang Membuat Emosi Anda Jungkir Balik
Anda perlu menghindari film menguras emosi anda. Anda akan mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron pada masa menstuasi. Oleh karena itu, emosi anda pun akan tidak seimbang. Hormon estrogen memperngaruhi otak perempuan, yang dikaitkan juga dengan emosi, dan proses kognitif. Ketika menstruasi, kita bisa merasa bahagia, lalu tiba-tiba kesal, tiba-tiba marah dan cemas. Jadi sebaiknya hindari menonton film yang membuat anda depresi.
  • Waxing dan cabut bulu
Penurunan hormon estrogen dan progesteron juga membuat tubuh kita lebih peka terhadap rasa sakit. Tubuh kita pun mengalami perubahan, seperti payudara yang bengkak, dan sakit. Jadi sebaiknya hindari kegiatan yang akan membuat Anda merasa sakit, seperti mencabut gigi, waxing bulu ketiak, mencabut bulu alis dan bulu halus lainnya. Tunggu sampai menstruasi Anda selesai, ketika kedua hormon tersebut telah kembali normal.
  • Berdiam diri
Menjelang dan ketika siklus menstruasi berlangsung, Anda akan merasakan kram pada perut, atau gejala PMS lainnya. Anda merasa ingin menghabiskan waktu seharian di dalam rumah, menonton televisi, melupakan kehidupan di luar. Faktanya, olahraga bisa meringankan rasa sakit akibat kram tersebut. Namun, perlu digarisbawahi, Anda juga perlu menghindari olahraga tertentu. Berolahraga yang berat hanya akan menambah rasa sakit tersebut.
  • Minum susu dan produk berbahan susu
Selain untuk kesehatan tulang, kalsium juga dapat mengurangi kram saat menstruasi. Alasannya adalah kalsium membantu menjaga otot juga. Tapi tidak dengan produk susu, Anda sebaiknya menghindarinya saat menstruasi. Memang susu mengandung kalsium, tapi susu dapat membuat perut Anda kembung. Hal ini yang akan membuat perut Anda yang sudah terasa membengkak menjadi semakin tidak enak. Lemak pada susu mengandung asam arakidonat yang memproduksi prostaglandin, hal ini yang dapat menyebabkan kram. Anda bisa mendapatkan kalsium dari makanan lainnya.
  • Menggunakan pembalut selama seharian penuh
Apakah Anda termasuk orang yang sering lupa mengganti pembalut? Jika ya, Anda harus mengubah kebiasaan tersebut. Mengganti pembalut perlu dilakukan sekitar empat jam sekali, dan bisa lebih ketika Anda darah yang dikeluarkan sedang dalam jumlah yang banyak. Pembalut yang tidak diganti dapat menyebabkan bakteri menyerang tubuh Anda.
  • Melakukan hubungan seks tanpa pengaman
Ada yang berpendapat sebaiknya tidak melakukan seks saat menstruasi, namun ada juga yang berpendapat bahwa Anda tetap dapat berhubungan seks meski sedang menstruasi, namun harus memakai kondom. Infeksi tetap dapat menular ketika Anda melakukan seks tanpa pengaman. Kelembapan vagina meningkat saat menstruasi, jamur pun bisa berkembang dengan cepat. Hal ini juga menghindari Anda dari menyebarkan infeksi pada pasangan.
  • Memakan makanan yang mengandung garam tinggi
Sama seperti susu, makanan yang mengandung garam juga dapat menyebabkan perut kembung. Garam sering ditemukan pada makanan cepat saji. Lebih baik Anda memilih makanan seperti buah-buahan. Selain garam, Anda juga perlu minuman berkafein – cokelat, kopi, teh – sebab kafein dapat mengacaukan hormon di tubuh Anda.
  • Tidak ngemil
Camilan sehat tidak boleh dilewatkan saat Anda sedang menstruasi. Anda mungkin kehilangan banyak darah, dan merasa lemah, sehingga Anda perlu asupan nutrisi yang cukup. Anda bisa memilih alternatif seperti oatmeal, atau buah-buahan seperti pisang. Rendahnya kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kram, sedangkan pisang kaya akan kalium.

Baca Juga : Makanan Sehat Yang Justru Menyebabkan Bau Badan

Itu dia Hal Yang Sebaiknya Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi. Jika tidak ingin ada keluhan selama menstruasi, sebaiknya hindari hal-hal diatas. Semoga bermanfaat.

Hal Yang Sebaiknya Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.